Bataragoa Weblog

Kelahiran Litbang Pers Scientiarum

Posted in Jurnalisme by Geritz on Oktober 21, 2010

Litbang dibentuk pada bulan Februari 2010. Saat itu pemimpin umum Scientiarum meminta saya untuk memimpin dan membentuknya. Dibentuk pertengahan periode kepengurusan. Saya terima saja. Riset, saya belum pernah melakukannya, kecuali riset-riset kecil untuk tulisan saya di jurnal dan call for papers.

Sebenarnya diskusi pembentukan litbang sudah ada pada periode-periode sebelumnya, namun sepertinya baru terbentuk saat James Anthony Leonard Filemon menjadi pemimpin umum.

Saya kesulitan mencari orang untuk mengisi litbang. Dalam pemikiran saya, orang yang berkompeten mengisi litbang adalah dari redaksi. Untuk organisasi pers, setiap anggota litbang (penelitian dan pengembangan) sebaiknya harus bisa menulis. Selain itu bisa punya pengetahuan tentang metodologi (bisa learning by doing).

Awalnya Evan Adiananta Nonoputro bergabung, tapi jarang menampakkan diri. Mungkin sibuk mencari sesuatu. Praktis saya sendiri.

Litbang kemudian tidak punya program terstruktur. Maka yang dilakukan hanyalah training bagi keluarga besar SA dan bisa diperluas. Untuk riset belum dilakukan sama sekali.

Latihan jurnalistik, ini hanya melanjutkan apa yang telah berjalan. Berjalan sekitar 4-5 kali. Dua di antaranya saat litbang terbentuk. Pesertanya pasang surut. Saya kurang tahu persis, mengapa pasang surut. Kalau waktu, saya rasa bisa dipenuhi, karena dilakukan pada hari Sabtu (mungkin telah disepakati).

Saat hadir, saya melihat kurang kesiapan teman-teman untuk mengikuti pelatihan, mungkin karena menganggap ini formalitas atau ini sama dengan perkuliahan biasa. Jadi kalau mau saya kembangkan pelatihannya, ya harus berpikir kembali (sok tahu mode: on).

Belakangan saya merasa mungkin trainer-nya yang kurang ganteng, eh salah, kurang kompeten…

Litbang awal juga melakukan analisis ringan tentang produktivitas berita (kuantitatif). Kegiatan ini adalah riset yang pertama.

Melalui tulisan ini saya mau usul, bagaimana kalau anggota SA yang terproduktif dalam bulan tertentu mendapatkan coklat? Ini berlaku juga untuk tulisan terbaik (menurut litbang). Jadi dua coklat dalam sebulan.

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ramlannarie said, on Oktober 21, 2010 at 10:15 pm

    kunjungan balik ditunggu gan…


Tinggalkan Balasan

