Bataragoa Weblog

Hari Terakhir Pelatihan Jurnalistik Scientiarum-Imbas

Posted in Berita Tulisanku by Geritz on Maret 15, 2008

Catatan :

Ini adalah versi asli dari news feature yang saya muat di www.scientiarum.com . Berita yang ada di http://www.Scientiarum.com, telah mengalami proses editing

Hari Terakhir Pelatihan Jurnalistik Scientiarum-Imbas

Geritz Febrianto -Wartawan Scientiarum

Ini Foto Saya bersama Andreas Harsono

Siang (13/03/08) ini pelatihan jurnalistik kami selesai. Saya ke Gedung Admisistrasi Pusat, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), untuk meminjam kunci kantor Scientiarum (SA). Saya memutuskan untuk meminta tagihan kuliah di keuangan terlebih dahulu. Di saya bertemu Saam Fredy Marpaung, dari bagian humas UKSW.

 

 

“Bagaimana pelatihannya?” Sapa Fredy

”ini baru saja selesai, bang”

 

Bisa buat berita tentang pelatihan kalian untuk website uksw.edu?

Bisa, tapi hari terakhir saja ya? Karena memori saya dari hari senin sudah tidak lengkap.

 

“Ok. Saya tunggu.” Ia pun berlalu meninggalkan saya.

 

Setelah meminta tagihan saya segera menuju ke bagian keamanan untuk meminjam kunci kantor Scientiarum. Setelah menerima kunci, saya segera menuju kantor Scientiarum.

 

Saat menulis berita ini Wilson Therik datang.

“lagi bikin apa bung?”

“Lagi tulis berita untuk uksw.edu

“Bagaimana kabar Andreas?” Sambil memberikan flashdisk-nya.

“Sudah kembali ke Jakarta, kak, tapi seperti diskusi kita tadi malam, ia masih tidak ingin masuk kampus sebelum ada permintaan maaf dari universitas kepada kelompok Arief Budiman.”

“Kak, Kalau aku rektor UKSW, sudah dari dulu beta minta maaf.”

“Kan untuk kebaikan UKSW Juga.”

“Iya tapi apa rektor kita mau”, timpal Wilson

 

Tiba-tiba terdengar suara lagu yang kemudian hilang diganti suara Wilson.

“Halo Bapa, beta sekarang di kantor scientiarum, lalu harus ke Yasa Luhur. Nanti dari Yasa Luhur beta langsung rapat di PSKTI.”

Feb, beta harus jalan dulu. Karena di tunggu rapat di PSKTI.

 

Sejak hari senin 10 Maret 2008, Scientiarum berkerjasama dengan imbas, mengadakan pelatihan Jurnalistik dalam bimbingan Andreas Harsono dari Yayasan Pantau. Hari ini (kamis, 13 Maret 2008), tidak ada materi khusus dari Andreas, karena di isi diskusi materi-materi yang telah diberikan. Diskusi berakhir pada pukul 10.30. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Sebelum pulang Andreas memberikan bagaimana sebuah berita diverifikasi oleh sebuah media di luar negeri.

 

 

Yosi bertanya, “pak kalau mau investigasi bagaimana?”

 

Andreas kembali menjelaskan detil-detil tulisannya, dimana terdapat 78 catatan kaki, untuk berita sekitar 3000 kata. Kemudian membuka file sambil menjelaskan tentang investigasi. Ia membacakan dengan jelas bahwa investigasi tidak dianjurkan untuk wartawan pemula.

 

Saya ikut bertanya. “Pak kalau mau belajar memulai investigasi bagaimana?”

Dia tersenyum. “Harus dimulai menulis feature, nah ini tidak dianjurkan untuk febri sekarang”.

 

Saya pun tersenyum.

 

“Saya harus jalan sekarang, karena pesawat saya jam 13.30 saya juga masih harus membeli oleh-oleh. Kemarin sempat beli main untuk Norman.”

 

Semua peserta bersalaman dengan Andreas saat akan pulang sekaligus pertanda pelatihan ini selesai. Saya menyempatkan mengambil foto bersama Andreas, di ikuti oleh Nunez, Radit, dan Kiko. Tidak ada seremonial khusus untuk menutup pelatihan ini sama seperti pembukaannya.

 

 

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wilson said, on April 5, 2008 at 1:33 pm

    MANTAP !

  2. Joy said, on Januari 22, 2009 at 10:13 am

    Pelatihan yang sederhana tapi pasti.
    wes…., sip Joz pokok’e…

    Klo ada waktu mampir ke http://bejosaputro.wordpress.com/, jangan lupa tinggalkan pesan untuk juniormu ini. he…he…


Tinggalkan Balasan

